Kopi TIMES

Ngopi Pagi: Kail

Rabu, 24 Maret 2021 - 07:03
Ngopi Pagi: Kail Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma, Noor Shodiq Askandar

TIMES RAJAAMPAT, MALANGBANYAK orang yang bilang, berilah kailnya dan jangan ikannya sahabat ngopi pagi. Artinya jika memberikan sesuatu kepada orang lain itu, berikanlah yang mampu membuat penerima mau berusaha meningkatkan nilainya. Dengan demikian ada upaya untuk membuat apa yang diterima itu menjadi lebih baik. Ini beda dengan memberi ikan, dimana penerima tidak perlu melakukan apa apa. Apalagi jika ikannya sudah matang, berarti tinggal mengkonsumsinya saja.

Begitulah perumpaan dalam Bahasa yang sederhana, akan tetapi lebih mengena. Memberikan sesuatu yang dapat merangsang orang lain menjadi lebih kreatif dan inovatif, akan dapat menjadi stimulus setiap orang untuk terus berusaha tanpa kenal Lelah. Hal lain dengan pola ini, akan menjadikan manusia lebih produktif, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Hal yang kedua, saat kita menggunakan perumpamaan kail itu pasti dengan pengharapan akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Kenapa demikian, tidak mungkin kail dan umpan itu bentuknya lebih besar daripada ikan yang ditangkap. Artinya dengan kail dan umpan, orang berharap mendapatkan sesuatu yang dapat meningkatkan harkat dan martabat hidupnya.

Dengan demikian, perumpamaan kail dan ikan adalah Bahasa dari sebuah optimisme dalam mengarungi kehidupan ini. Jika kita mau mencoba, insyaallah akan bisa. Begitu juga, siapa saja yang mau berbuat, maka aka nada yang didapat.

Optimisme yang dibangun dalam diri manusia, disamping menghasilkan pengharapan di satu sisi, akan menumbuhkan keyakinan dan semangat untuk berbuat di sisi yang lain. Bahwa kodrat manusia, jika ingin mendapatkan sesuatu itu harus melalui sebuah usaha. Al insanu bittahyir wallahu bittaqdir. Manusia itu hakekatnya berusaha, dan Allah jualah yang akan menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha yang dilakukan. Oleh karena itu, jika usaha sudah dilakukan secara optimal, maka memohonlah kepada Allah swt agar hasilnya sebagaimana yang diinginkan. Hal selanjutnya, kembalikanlah semua kepada Allah swt. Janji Allah swt : barang siapa yang bertawaqqal kepada Allah swt., maka Allah swt akan memenuhi segala kebutuhannya. Bagaimana dengan sahabat ngopi pagi semua ?

*) Penulis Noor Shodiq Askandar adalah Ketua PW LP Maarif NU Jatim dan Wakil Rektor 2 Unisma.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

_______
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

Pewarta :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Rajaampat just now

Welcome to TIMES Rajaampat

TIMES Rajaampat is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.