Gaya Hidup

Ini 5 Makanan Khas Lebaran yang Jadi Langganan Tiap Tahun

Minggu, 16 Mei 2021 - 15:13
Ini 5 Makanan Khas Lebaran yang Jadi Langganan Tiap Tahun Opor Ayam. (FOTO: Cookpad)

TIMES RAJAAMPAT, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 1442H atau Lebaran menjadi momen perayaan ibadah tahunan atau juga sering disebut Hari Kemenangan. Dalam merayakannya, tentu ada makanan khas yang setiap tahun menjadi langganan.

Lebaran tidak hanya ibadah ritual tahunan saja. Namun lebih dari itu, masyarakat Indonesia mengenal istilah Halal Bihalal atau sambang keluarga besar.

Nah di sini lah, kemudian muncul berbagai budaya. Salah satunya budaya menyuguhkan hidangan khas lebaran. TIMES Indonesia merangkum 5 makanan khas lebaran yang ramai disuguhkan masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

1. Bakso

Bakso memang bukan menu Lebaran, namun masakan berkuah ini disukai banyak orang di segala suasana. Kamu bisa membuat aneka macam bakso, mulai dari bakso daging, bakso ayam, bakso ikan, atau bakso urat. Sajikan dengan mi atau soun dan bahan pelengkap lainnya agar lebih komplit dan sedap ketika disantap.

Bakso cocok dihidangkan untuk menjamu tamu yang bersilaturahmi ke rumah saat Lebaran. Selain itu, bakso juga hidangan praktis dan awet dengan cara disimpan di freezer.

2. Rawon

Rawon kuah hitam menjadi pilihan menu khas lebaran. Menjelang hari raya, sebagian daerah biasanya ramai penyembelihan daging sapi. Daging sapi tersebut banyak dibuat menjadi hidangan langganan untuk menjamu para tamu yang bersilaturahim ke rumah kita. Selain praktis, menu rawon juga banyak disukai masyarakat. Cita rasa rawon yang lezat dapat dinikmati dengan nasi putih atau lontong.

3. Lontong Sayur

Dikutip dari Indo Zone, sajian ini sangat cocok disantap untuk sarapan setelah salat Idul Fitri bersama keluarga. Kalau mau praktis, kamu bisa beli lontong yang sudah jadi, terus tinggal masak sayur dan pelengkapnya saja. Bila sayurnya habis, kamu bisa olah jadi menu lontong pecal, lontong kari, atau lontong gulai.

4. Opor Ayam

Opor ayam juga tidak kalah tren saat lebaran. Sajian ini rata-rata di setiap rumah selalu tersedia sebagai menu khas lebaran. Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

5. Rujak Lontong

Rujak Lontong juga tidak kalah dengan menu khas lainnya yang selalu hadir di meja makan lebaran. Suguhan ini cocok sebagai pelengkap menu di rumah. Campuran bumbu kacang dan rempah-rempah alami membuat orang ketagihan. Biasanya rujak lontong tersedia untuk tamu yang tidak suka ikan maupun daging sehingga menu ini cocok untuk tetap ada di menu hidangan khas lebaran kamu.

Yuk, dari 5 menu khas Hari Raya Idul Fitri 1442H atau Lebaran itu, kamu bisa memilihnya sebagai referensi hidangan rutin saat menjamu Keluarga Besar. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Rajaampat just now

Welcome to TIMES Rajaampat

TIMES Rajaampat is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.