Berita

Presiden RI Jokowi: Indonesia Memiliki Kekuatan di Bidang Green Product

Kamis, 21 Januari 2021 - 13:25
Presiden RI Jokowi: Indonesia Memiliki Kekuatan di Bidang Green Product Presiden RI Jokowi. (FOTO: Setkab)

TIMES RAJAAMPAT, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) menyebut Indonesia memiliki kekuatan di bidang “green product” atau produk ramah lingkungan yang potensial untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

“Saya melihat kita miliki kekuatan juga di ‘green product’, ‘green economy’,” ucap Jokowi dalam acara Peresmian Pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Hal ini menurut Kepala Negara sebagai kekuatan jangka panjang di mana semua negara di kawasan mulai melirik untuk menggarap segmen produk yang ramah lingkungan.

Di Eropa misalnya, kata Presiden, ada Undang-Undang (UU) yang membatasi produk tak ramah lingkungan.

“Sehingga semuanya ke depan saya lihat ‘green product’ ini akan berkembang, ‘low carbon’, ‘resources’ efisien, ‘socialy inclusive’, semuanya, kesetaraan sosial, mengurangi risiko lingkungan, efisien sumber daya, ini yang akan berkembang,” katanya.

Jokowi menambahkan, Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk bisa masuk ke pasar produk hijau atau ekonomi hijau baik dari sisi produksi, distribusi, hingga konsumsi.

“Karena ke depan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, ini akan berpengaruh semua terhadap ekonomi, bisnis, global, dan tentu saja akan berpengaruh ke ekonomi kita,” katanya.

Ia menegaskan setelah bangsa ini mampu melewari masa krisis dengan baik maka sudah saatnya untuk menghadapi tantangan ke depan dan bertransformasi menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru yang makin tangguh hingga menjadi negara maju.

Dalam Kompas 100 CEO ForumPresiden RI Jokowi optimistis Indonesia dengan kekuatan di bidang “green product” atau produk ramah lingkungan akan memiliki daya saing di pasar global. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Rajaampat just now

Welcome to TIMES Rajaampat

TIMES Rajaampat is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.